Dir en Grey

03 Desember, 2008

Dir en Grey, band yang dibentuk pada februari 1997 ini dimotori oleh oleh Kyo (Vocal), Kaoru (Guitar), Die (Guitar), Toshiya (Bass), Shinya (Drum). Awalnya band ini bernama Deathmask, tetapi berganti nama setelah mereka manggung di Nagano pada awal tahun 1997. Band ini benar - benar ampuh mempertahankan para anggota originalnya. Sejak pertama dibuat hingga saat ini belom ada personil yang keluar. Lagu - lagu yang mereka bawakan memiliki Genre bermacam - macam, sehingga sulit untuk menentukan aliran musik mereka, dari mulai yang berunsur pop, progresive rock, kemudian Nu metal sampai metal core. Karena terlalu banyaknya Genre musik mereka akhirnya mereka hanya disebut sebagai band Rock. Kok malah jadi sederhana gitu ya..?

Dir en Grey (Selanjutnya disebut "Diru") juga merupakan salah saru band yang bergerak dalam gerilya Visual Kei. Masih pada tahun yang sama, tepatnya 25 Juni 1997 mereka berhasil menetskan EP pertama berjudul MISSA. Tahun 1998 mereka berhasil menembus Top 10 Oricon Chart (Bukan Oricon Indies Chart, hebat juga tuh diru) dengan lagunya "Jealous" dan "I'll". Yoshiki, pembuat X-Japan pun tertarik dengan diru, dan dia memproduseri sendiri single - single Diru di album pertama mereka "Gauze" di tahun 1999.

Tahun 2000, Kyo sang vokalis menderita sedikit gangguan pendengaran, sehingga agenda - agenda yang telah dibuatpun harus mengalami penundaan yang berimbas pada tertundanya tour - tour mereka yang akan menjadi album berikutnya "Macabre" karena kyo harus dirawat di Rumah Sakit. Setelah Kyo pulih, mereka melanjutkan tour yang tertunda pada tahun 2001 yang berjudul "TOUR 00>>01:MACABRE" yang bertempat di Nippon Budokan.

Tahun 2002 berbarengan dengan keluarnya album ketiga dengan titel "Kisou" diru menggelar konser pertama mereka ke luar jepang dengan tampil di China, Taiwan dan Korea Selatan. Beberapa bulan kemudian, diru tampil di Akasaka Blitz 5 malam berturut - turut, dan selama 5 malam itu mereka tampil dengan membawakan tema dari album -album mereka yang terdahulu, kecuali pada hari pertama dan pada hari terakhir diisi dengan lagu - lagu yang belum dirilis, "Vulgar". Blitz 5 Days Live DVD set dirilis ekslusif untuk fans club resmi diru.

Setelah bolak - balik tur di beberapa negara di Asia, akhirnya diru merantau untuk ngamen di negara - negara Amerika dan Eropa. Mereka tampil untuk pertama kalinya di Berlin dan Paris sebagai bagian tur "It Withers and Withers" yang terjual habis tanpa promosi hanya melalui newsletter dan promo antar mulut di internet. Diru juga terlibat dalam 2 festival rock raksasa, Rock am Ring dan Rock im Park yang membuat diru masuk dalam jajaran pengamen - pengamen international.

Tahun 2005 album mereka resmi dirilis di Eropa, yang diberi judul "Withering to Death". Sebelumnya untuk bisa mendapatkan lagu - lagu diru untuk kawasan luar Asia hanya bisa dari download ilegal ataupun import dari Jepang langsung. Album Withering to Death juga berhasil meraih urutan #31 di Chart album Finish, sedangkan single Cleve Sleazoid naik ke posisi 15 di chart single di negara yang sama.

Tahun 2006 Diru tur di Amerika tampil di Austin, Texas (Southwest Festival), New York City (Avalon Club) dan LA, California (Wiltern Theater) yang dibuntuti dengan dirilisnya Withering to Death di Amerika Utara. Setelah konser di Jerman dan banyak tempat lainnya, Kyo, sang vokalis harus dirawat di Rumah Sakit lagi karena gangguan suaranya dan ada beberapa konser di Jepang yang terpaksa harus ditunda tetapi mereka masih bisa ikut Korn's Family Value Tour. Bulan Oktober Diru kembali ke Jepang dan tampil di Loud Park Festival bersama Megadeath, Slayer dan Cildren of Bodom. Single kedua mereka, "Agitated Screams of Maggots" dirilis tanggal 15 November masih dalan bagian Inward Scream Tour di Jepang. Tanggal 30 Desmber PV Saku dipilih sebagai Video of the Year di pertunjukan MTV2 Headbanger's Ball.

Di tahun 2007 Diru tur di Amerika utara yang dimulai pada 1 februari di Fort Lauderdale, Florida. Band pendukungnya antara lain Bleed the Dream dan Fair to Midland. Album keenam Diru, the Marrow of a Bone dirilis tanggal 7 Februari di Jepang dan tanggal 20 Februari di Ameika.

to be continued...

1 komentar:

mas guru mengatakan...

Permisi numpang lewat....,dunia perMusikan jepun mang top abis, mendunia, gak kayak dunia permusikan kita yang gak maju maju malah semakin mundur...kualitas musiknya juga top,gak garing kayak punya kita setuju?oya kunjungi Blog saya di http://gambarsorot.blogspot.com/.